Minggu
Ke-
|
Kemampuan
Akhir yang Diharapkan
|
Materi
Pembelajaran
|
Metode
Pembelajaran
|
Indikator
Penilaian
|
Bobot
Nilai
|
Waktu
Pembelajaran
|
Media
Pembelajaran
|
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
(6)
|
(7)
|
(8)
|
1
|
Mampu memahami
bagaimana sistem operasi dibangun dan konsep SO dalam melakukan pengelolaan terhadap sumberdaya yang terdapat dalam sistem komputer. |
Pendahuluan Sistem
Operasi
A. Definisi
B. Tujuan SO
C. Fungsi dan Sasaran SO
D. Sejarah Perkembangan SO
E.
Konsep SO
F.
Struktur Dasar SO
|
Mahasiswa
presentasi kelompok, tanya jawab, dosen menjelaskan.
|
1. Menjelaskan definsisi,
tugas, tujuan serta manfaat Sistem Operasi bagi sistem komputer.
2. Menceritakan kembali
sejarah perkembangan SO.
3. Menjelaskan konsep
pengelolaan yang dilakukan oleh SO.
4. Menjelaskan struktur
dasar SO sebagai pondasi kernel layanan SO. |
10 %
|
3 x 50 Menit
(10.05 – 12.35 WIB)
|
- LCD
Pyektor,
- Laptop
- Papan
Tulis,
- Buku
- Kertas
Kerja
|
2 - 3
|
Mampu memahami
bagaimana proses SO dalam mengatur pengolahan banyak proses yang dilakukan oleh sistem komputer. |
Manajemen Proses
A. Definisi Proses
B. Diagram State Proses
C. Program ControlBlock (PCB)
D. Pengalihan Proses
E. Penciptaan Proses
F. Kedudukan SO
|
Mahasiswa
presentasi kelompok, tanya jawab, dosen menjelaskan.
|
1.
Memahami definisi
proses dan menjelaskannya kembali.
2.
Menjelaskan macam-macam
kondisi proses
(state proses)
3.
Menjelaskan
perbedaan pangalihan proses dan penciptaan proses.
4.
Menjelaskan
kedudukan proses dalam berbagai sudut pandang. |
10 %
|
3 x 50 Menit
(10.05 – 12.35 WIB)
|
- LCD
Pyektor,
- Laptop
- Papan
Tulis,
- Buku
- Kertas
Kerja
|
4 - 7
|
Mampu memahami
bagaimana SO melakukan penjadwalan proses-proses yang meminta untuk dieksekusi berdasarkan algoritma yang sesuai sehingga semua proses dapat dikerjakan oleh sistem komputer dengan baik |
Penjadwalan
Proses
A. Deskripsi Penjadwalan
Proses
B. Sasaran Penjadwalan
Proses
C. Tipe-tipe Penjadwalan
D. Strategi Penjadwalan
E. Algoritma Penjadwalan
|
Mahasiswa
presentasi kelompok, tanya jawab, dosen menjelaskan.
|
1. Menjelaskan deskripsi
dan sasaran penjadwalan.
2. Menjelaskan tipe-tipe
penjadwalan dan memberikan contoh untuk tiap-tiap tipe penjadwalan.
3. Menjelaskan dengan
contoh strategi dan klasifikasi penjadwalan yang dilaukan oleh SO.
4. Melakukan simulasi
algoritma penjadwalan |
10 %
|
3 x 50 Menit
(10.05 – 12.35 WIB)
|
- LCD
Pyektor,
- Laptop
- Papan
Tulis,
- Buku
- Kertas
Kerja
|
8
|
Mampu memahami
dengan lebih baik materimateri yang disampaiakan dari minggu ke-1 sampai dengan ke-7. |
UTS
(Ujian Tengah Semester)
|
Ujian Tertulis
|
Mahasiswa mampu
menyelesaikan soal/kasus dengan baik menggunakan pengetahuan yang telah diberikan oleh dosen pengampu selama proses belajar mengajar, baik teori maupun praktikum. |
10 %
|
90 Menit
|
- Lembar
soal
- Lembar
jawaban
|
9
|
Mampu memahami
bagaimana SO mengelola proses untuk setiap bagian (thread) setia job yang akan dieksekusi olehsistem komputer berdasarkan layanan layanan yang tersedia dalam kernel SO. |
Thread – SMP –
Mikrokernel
A.Esensi
Konsep Proses
B. Multithreading
C. Fungsionalitas Thread
D.User
Level Thread
E. Kernel Level Thread
F. Symmetric Multiprocessing (SMP)
G.Mikrokernel
|
Mahasiswa
presentasi kelompok, tanya jawab, dosen menjelaskan.
|
1.
Menjelaskkan maksud
serta tujuan dari pengolahan proses secara multithreading.
2.
Menjelaskan perbedaan
proses yang dikerjakan secara multithreading dan
non-multithreading.
3.
Menjelaskan perbedaan
pemrosesanjob yang dieksekusi pada level user dan kernel.
|
10 %
|
3 x 50 Menit
(10.05 – 12.35 WIB)
|
- LCD
Pyektor,
- Laptop
- Papan
Tulis,
- Buku
- Kertas
Kerja
|
10-11
|
Mampu memahami hal-hal yang dapat menyebabkan
deadlock dan bagaimana SO mengatasi deadlock tersebut. |
Konkurensi: Deadlock
A.Model dan Syarat Deadlock
B. Metode Penanganan
Deadlock
C. Pencegahan Deadlock
D.Penghindaran Deadlock
E. Deteksi dan Pemulihan
Deadlock
F. Strategi Penanggulangan
Deadlock Terpadu |
Mahasiswa
presentasi kelompok, tanya jawab, dosen menjelaskan.
|
1. Menjelaskan definisi
dan hal-hal yang menyebabkan terjadinya deadlock.
2. Menjelaskan bagaimana SO
melakukan penanganan terhadap deadlock, baik pencegahan, penghindaran, maupun deteksi dan pemulihan deadlock.
3. Menjelaskan strategistrategi yang diterapkan SO untuk
menanggulangi deadlock terpadu. |
10 %
|
3 x 50 Menit
(10.05 – 12.35 WIB)
|
- LCD
Pyektor,
- Laptop
- Papan
Tulis,
- Buku
- Kertas
Kerja
|
12
|
Mampu memahami
bagaimana sistem operasimengorganisasikan file dan direktori dalam sistem komputer, sehingga dapat digunakan bersama oleh banyak proses dan bagaimana metode proteksi yang dilakukan terhadap file. |
File System Interface
A. File Concept
B. Access Methods
C. Directory and Disk
Structure
D. File-System Mounting
E. File Sharing
F. File Protection
|
Mahasiswa
presentasi kelompok, tanya jawab, dosen menjelaskan.
|
1.
Menjelaskan konsep
pengorganisasian data oleh SO.
2.
Menjelaskan bentuk
logis unit penyimpanan pemetaan data oleh SO ke dalam perangkat. fisik (physical devices)
3.
Menjelaskan karakteristik
file.
4.
Menjelaskan
operasioperasi yang dilakukan dalam melakukan organisasi file dan direktori.
5.
Menjelaskan metode
pengaksesan file dan direktori.
6.
Menjelaskan karakteristik
direktori.
7.
Menjelaskan bagaimana
direktori dapat digunakan.
bersama (sharing)
8.
Menjelaskan metode
proteksifile. |
10 %
|
3
x 50 Menit
(10.05 – 12.35 WIB)
|
- LCD
Pyektor,
- Laptop
- Papan
Tulis,
- Buku
- Kertas
Kerja
|
13 - 15
|
Mampu memahami
pengelolaan memori oleh sistem operasi terhadap pengalokasian memori sehingga semua proses dapat diselesaikan oleh sistem komputer. |
Manajemen Memori
A. Definisi Manajemen Memori
B. Fungsi Menajemen
Memori
C. Klasifikasi Manajemen
Memori
· Menejemen
Pemartisian Statis
· Manajemen
Pemartisian Dinamis |
Mahasiswa
presentasi kelompok, tanya jawab, dosen menjelaskan.
|
1.
Menjelaskan definisi
manejemen memori oleh sistem operasi.
2.
Menjelaskan manfaat
pengelolaan memori oleh sistem operasi.
3.
Menjelaskan proses
menejemen memori pemartisian statis dan dinamis.
4.
Melakukan simulasi
proses pemetaan thread-thread dari job ke dalam memori, baik pemartisian statis maupaun dinamis. |
10 %
|
3 x 50 Menit
(10.05 – 12.35 WIB)
|
- LCD
Pyektor,
- Laptop
- Papan
Tulis,
- Buku
- Kertas
Kerja
|
16
|
Mampu membuktikan
kemampuannya dalam mengaplikasikan pemahaman materi yang sudah diperoleh dari pertemuan ke-9 hingga ke- 15 |
UAS
(Ujian Akhir Semester)
|
Ujian Tertulis
|
Mahasiswa mampu
menyelesaikan soal/kasus dengan baik menggunakan pengetahuan yang telah diberikan oleh dosen pengampu selama proses belajar mengajar, baik teori maupun praktikum. |
15 %
|
90 Menit
|
- Lembar
soal
- Lembar
jawaban
|
KeKemampuan Akhir yang
Diharapkan Materi Kerja Bentuk Pembelajaran Kriteria/IndikatorPenilaian BobotNilai KompetensiStandar
Profesi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar