Selasa, 03 Januari 2017

RKPS



Minggu Ke-
Kemampuan Akhir yang Diharapkan
Materi Pembelajaran
Metode
Pembelajaran
Indikator Penilaian
Bobot Nilai
Waktu Pembelajaran
Media Pembelajaran
(1)
(2)
(3)
(4)
(5)
(6)
(7)
(8)
1
Mampu memahami
bagaimana sistem operasi dibangun dan konsep SO dalam melakukan pengelolaan terhadap sumberdaya yang
terdapat dalam sistem komputer.
Pendahuluan Sistem
Operasi
A.  Definisi
B.  Tujuan SO
C.  Fungsi dan Sasaran SO
D.  Sejarah Perkembangan SO
E.   Konsep SO
F.   Struktur Dasar SO
Mahasiswa presentasi kelompok, tanya jawab, dosen menjelaskan.
1.    Menjelaskan definsisi,
tugas, tujuan serta
manfaat Sistem
Operasi bagi sistem
komputer.
2.    Menceritakan kembali
sejarah perkembangan
SO.
3.    Menjelaskan konsep
pengelolaan yang
dilakukan oleh SO.
4.    Menjelaskan struktur
dasar SO sebagai
pondasi kernel layanan SO.
10 %
3 x 50 Menit
(10.05 – 12.35 WIB)



-       LCD Pyektor,
-       Laptop
-       Papan Tulis,
-       Buku
-       Kertas Kerja
2 - 3
Mampu memahami
bagaimana proses SO
dalam mengatur
pengolahan banyak proses yang dilakukan oleh sistem komputer.
Manajemen Proses
A.  Definisi Proses
B.  Diagram State Proses
C.  Program ControlBlock (PCB)
D.  Pengalihan Proses
E.   Penciptaan Proses
F.   Kedudukan SO
Mahasiswa presentasi kelompok, tanya jawab, dosen menjelaskan.
1.   Memahami definisi
proses dan
menjelaskannya
kembali.
2.   Menjelaskan macam-macam kondisi proses
(state proses)
3.   Menjelaskan
perbedaan pangalihan
proses dan penciptaan
proses.
4.   Menjelaskan
kedudukan proses
dalam berbagai sudut
pandang.

10 %
3 x 50 Menit
(10.05 – 12.35 WIB)

-       LCD Pyektor,
-       Laptop
-       Papan Tulis,
-       Buku
-       Kertas Kerja
4 - 7
Mampu memahami
bagaimana SO melakukan penjadwalan proses-proses yang meminta
untuk dieksekusi berdasarkan algoritma
yang sesuai sehingga
semua proses dapat
dikerjakan oleh sistem
komputer dengan baik
Penjadwalan Proses
A.  Deskripsi Penjadwalan
Proses
B.  Sasaran Penjadwalan
Proses
C.  Tipe-tipe Penjadwalan
D.  Strategi Penjadwalan
E.   Algoritma Penjadwalan
Mahasiswa presentasi kelompok, tanya jawab, dosen menjelaskan.
1.   Menjelaskan deskripsi
dan sasaran
penjadwalan.
2.   Menjelaskan tipe-tipe
penjadwalan dan
memberikan contoh
untuk tiap-tiap tipe penjadwalan.
3.   Menjelaskan dengan
contoh strategi dan
klasifikasi penjadwalan
yang dilaukan oleh SO.
4.   Melakukan simulasi
algoritma penjadwalan
10 %
3 x 50 Menit
(10.05 – 12.35 WIB)

-       LCD Pyektor,
-       Laptop
-       Papan Tulis,
-       Buku
-       Kertas Kerja
8
Mampu memahami
dengan lebih baik materimateri yang disampaiakan dari minggu ke-1 sampai
dengan ke-7.
UTS
(Ujian Tengah Semester)
Ujian Tertulis
Mahasiswa mampu
menyelesaikan soal/kasus
dengan baik menggunakan
pengetahuan yang telah
diberikan oleh dosen
pengampu selama proses
belajar mengajar, baik teori
maupun praktikum.
10 %
90 Menit
-    Lembar soal
-    Lembar jawaban
9
Mampu memahami
bagaimana SO mengelola proses untuk setiap bagian
(thread) setia job yang akan dieksekusi olehsistem komputer
berdasarkan layanan
layanan yang tersedia
dalam kernel SO.
Thread – SMP –
Mikrokernel
A.Esensi Konsep Proses
B. Multithreading
C. Fungsionalitas Thread
D.User Level Thread
E.  Kernel Level Thread
F.  Symmetric Multiprocessing (SMP)
G.Mikrokernel
Mahasiswa presentasi kelompok, tanya jawab, dosen menjelaskan.
1.   Menjelaskkan maksud
serta tujuan dari pengolahan proses secara multithreading.
2.   Menjelaskan perbedaan proses yang dikerjakan secara multithreading dan
non-multithreading.
3.   Menjelaskan perbedaan pemrosesanjob yang dieksekusi pada level user dan kernel.
10 %
3 x 50 Menit
(10.05 – 12.35 WIB)

-       LCD Pyektor,
-       Laptop
-       Papan Tulis,
-       Buku
-       Kertas Kerja
10-11
Mampu memahami hal-hal yang dapat menyebabkan
deadlock dan bagaimana SO mengatasi deadlock
tersebut.
Konkurensi: Deadlock
A.Model dan Syarat Deadlock
B. Metode Penanganan
Deadlock
C. Pencegahan Deadlock
D.Penghindaran Deadlock
E. Deteksi dan Pemulihan
Deadlock
F.  Strategi Penanggulangan
Deadlock Terpadu
Mahasiswa presentasi kelompok, tanya jawab, dosen menjelaskan.
1.   Menjelaskan definisi
dan hal-hal yang menyebabkan terjadinya deadlock.
2.   Menjelaskan bagaimana SO
melakukan penanganan terhadap deadlock, baik
pencegahan, penghindaran, maupun deteksi dan pemulihan deadlock.
3.   Menjelaskan strategistrategi yang diterapkan SO untuk
menanggulangi deadlock terpadu.
10 %
3 x 50 Menit
(10.05 – 12.35 WIB)

-       LCD Pyektor,
-       Laptop
-       Papan Tulis,
-       Buku
-       Kertas Kerja
12
Mampu memahami
bagaimana sistem operasimengorganisasikan file dan direktori dalam sistem komputer, sehingga dapat digunakan bersama oleh banyak proses dan bagaimana metode proteksi yang dilakukan terhadap file.
File System Interface
A.  File Concept
B.  Access Methods
C.  Directory and Disk
Structure
D.  File-System Mounting
E.   File Sharing
F.   File Protection
Mahasiswa presentasi kelompok, tanya jawab, dosen menjelaskan.
1.   Menjelaskan konsep
pengorganisasian data oleh SO.
2.   Menjelaskan bentuk
logis unit penyimpanan
pemetaan data oleh SO
ke dalam perangkat.
fisik (physical devices)
3.   Menjelaskan karakteristik file.
4.   Menjelaskan operasioperasi yang dilakukan dalam melakukan organisasi file dan direktori.
5.   Menjelaskan metode
pengaksesan file dan
direktori.
6.   Menjelaskan karakteristik direktori.
7.   Menjelaskan bagaimana direktori dapat digunakan.
bersama (sharing)
8.   Menjelaskan metode
proteksifile.







10 %






3 x 50 Menit
(10.05 – 12.35 WIB)

-       LCD Pyektor,
-       Laptop
-       Papan Tulis,
-       Buku
-       Kertas Kerja
13 - 15
Mampu memahami
pengelolaan memori oleh sistem operasi terhadap pengalokasian memori
sehingga semua proses
dapat diselesaikan oleh
sistem komputer.
Manajemen Memori
A.  Definisi Manajemen Memori
B.  Fungsi Menajemen
Memori
C.  Klasifikasi Manajemen
Memori
·      Menejemen
Pemartisian Statis
·      Manajemen
Pemartisian Dinamis
Mahasiswa presentasi kelompok, tanya jawab, dosen menjelaskan.
1.   Menjelaskan definisi
manejemen memori oleh sistem operasi.
2.   Menjelaskan manfaat
pengelolaan memori
oleh sistem operasi.
3.   Menjelaskan proses
menejemen memori
pemartisian statis dan
dinamis.
4.   Melakukan simulasi
proses pemetaan
thread-thread dari job
ke dalam memori, baik
pemartisian statis
maupaun dinamis.
10 %
3 x 50 Menit
(10.05 – 12.35 WIB)



-       LCD Pyektor,
-       Laptop
-       Papan Tulis,
-       Buku
-       Kertas Kerja
16
Mampu membuktikan
kemampuannya dalam mengaplikasikan
pemahaman materi yang sudah diperoleh dari pertemuan ke-9 hingga ke- 15
UAS
(Ujian Akhir Semester)
Ujian Tertulis
Mahasiswa mampu
menyelesaikan soal/kasus
dengan baik menggunakan
pengetahuan yang telah
diberikan oleh dosen pengampu selama proses
belajar mengajar, baik teori
maupun praktikum.
15 %
90 Menit
-    Lembar soal
-    Lembar jawaban


KeKemampuan Akhir yang
Diharapkan Materi Kerja Bentuk Pembelajaran Kriteria/IndikatorPenilaian BobotNilai KompetensiStandar
Profesi


Tidak ada komentar:

Posting Komentar